Saturday, March 31, 2012

Rangkuman #MoMAclass @atamerica Modul 3: Matisse, Fauvisme dan Pablo Picasso

MoMA Class @ America | Module 3: Mattise & Fauvism | Sabtu 31 Maret 2012 mulai pk. 11



Henri Matisse



Pengaruh Moreau 




Henri Matisse, Moreau’s Studio, 1894-95, private collection
http://ow.ly/9Y6uZ

• Melukis model telanjang

• Pemikiran Moreau yang terbuka & menantang murid-muridnya untuk berkembang sendiri-sendiri

• Bimbingan Moreau untuk menghormati  karya seni rupa dari masa lampau






Paul Cezanne, Three Bathers, 1879-82, Petit Palais, Musee des Beaux Arts de la ville de Paris
http://ow.ly/9Y6TQ





Henri Matisse, Male Model, 1900, MoMA
http://ow.ly/9Y6K0

• Pendekatan mengkonstruksi bentuk dengan warna yang dilakukan Matisse dalam karya ini, jelas merupakan hasil pengamatannya atas karya-karya Cezanne

                                                                    - - - - -


Pengaruh Signac dan St. Tropez 




12. Paul Signac, Port St. Tropez, 1899, Musee de Annociade, St. Tropez
http://ow.ly/9Y71w






13. Henri Matisse, Luxe, Calme, et Volupte, 1904, Musee National d’Art Moderne, Paris
http://ow.ly/9Y7sZ

• Penggunaan titik-titik Pointilistis seperti yang digunakan oleh Signac jelas mempengaruhi karya ini,
• Namun, Matisse membebaskan diri dari pendekatan Signac yg metodikal seperti Seurat.
• Goresan Matisse lebih beragam dan tidak dimaksudkan semata-mata untuk mendeskripsikan bentuk, tapi untuk mengungkap perasaan.



                                                                - - - - -




Derain dan Collioure 



16. Andre Derain, Le Phare de Collioure, 1905, Modern Art Museum, Paris
http://ow.ly/9ZtDR





Henri Matisse, Landscape at Collioure, 1905, MoMA
http://ow.ly/9Ztu2


                                                                - - - - -



Fauvisme & Pemandangan 




Maurice de Vlaminck (French, 1876-1958)
Autumn Landscape
c. 1905. Oil on canvas, 18 1/4 x 21 3/4" (46.2 x 55.2 cm). Gift of Nate B. and Frances Spingold.
http://ow.ly/9Y6ei




Georges Braque (French, 1882-1963)
Landscape at La Ciotat
La Ciotat, summer 1907. Oil on canvas, 28 1/4 x 23 3/8" (71.7 x 59.4 cm). Acquired through the Katherine S. Dreier and Adele R. Levy Bequests.
http://ow.ly/9Y6nc


The Large TreesL'Estaque 1906-07. Oil on canvas mounted on composition board, 31 1/2 x 27 3/4" (80 x 70.5 cm). Fractional gift of Mr. and Mrs. David Rockefeller.


                                                                - - - - - 



Fauvisme 



Henri Matisse, Portrait of Mme Matisse: The Green Line, 1905, SFMoMA
http://ow.ly/9Y7Ay
dan
Henri Matisse, Woman with a Hat, 1905, Statens Museum for Kunst, Copenhagen
http://ow.ly/9Y7L8

• Kelompok Fauvis tidak terbentuk dan mendapatkan nama mereka sebelum Matisse dan rekan-rekannya menampilkan karya-karya mereka di Salon d'Automne, pada musim gugur 1905.

• Salah satu kritikus, Louis Vauxcelles memproklamirkan mereka sebagai "Fauves" atau mahluk-mahluk liar, mengecam dan mengejek kevulgaran, keterusterangan, dan keburukrupaan mereka.
• Pemandangan-pemandangan karya mereka cukup mengejutkan, tapi adalah studi-studi figur manusia dan potret wajah yang dianggap serangan terburuk mereka.



                                                                - - - - -



Karya-karya selanjutnya








Henri Matisse, The Joy of Life, 1906, Barnes Foundation
http://ow.ly/9Y8ud


Henri Matisse, Dance(version 1), 1909-10, MoMA
http://ow.ly/9Y89N




The Red Studio
Issy-les-Moulineaux, fall 1911. Oil on canvas, 71 1/4" x 7' 2 1/4" (181 x 219.1 cm).
http://ow.ly/9Y5qp

                                                                - - - - -

Matisse & Picasso



Menarik untuk melihat hubungan antara Matisse dan saingannya yang kemudian menjadi sahabat karibnya, perupa Pablo Picasso.

Henri Matisse, Self-Portrait, 1906, Statens Museum for Kunst, Copenhagen

dan
Pablo Picasso, Self-Portrait with Palette, 1906, Philadelphia Museum of Art


• Kedua potret diri ini dibuat tahun 1906, sebagai penghormatan pada Cezanne yang wafat tahun itu.
• Potret-potret diri ini memperlihatkan persaingan kedua sosok ini, untuk tampil sebagai pewaris dari perupa yang mempengaruhi karya mereka



• Dalam potret dirinya, Matisse tampak begitu percaya diri. Sentuhannya begitu bertenaga, penggunaan warnanya sepenuhnya liar seperti monster, tatapannya menantang bukan hanya Picasso tapi seluruh dunia seni.


• Picasso yang mendasari potret dirinya pada sebuah potret diri karya Cezanne, beberapa tahun sebelumnya, mengaku bahwa dirinya lah pewaris perupa itu, diperlihatkan dengan kesan kekuatan, konstruksi, latar belakang yang dibuat kasar dan kacau, serta daya primitif dari karya itu.






Pablo Picasso: Woman's Head (Fernande).
Paris, fall 1909 http://ow.ly/9YGxU

dan 

Matisse: Jeannette (V).
Issy-les-Moulineaux, summer 1916
http://ow.ly/9ZmTQ




   

Matisse: Jeannette (I)
Issy-les-Moulineaux, January - March (?) 1910. Bronze, 13 x 9 x 10" (33 x 22.8 x 25.5 cm).
http://ow.ly/9Y5PN

Matisse: Jeannette (II) Issy-les-Moulineaux, January - March (?) 1910
http://ow.ly/9ZmaP

Matisse: Jeannette (III).
Issy-les-Moulineaux, April - September 1910 or February - mid-July 1911
http://ow.ly/9Zmok






Matisse: Jeannette (IV).
Issy-les-Moulineaux, April - September 1910 or February - mid-July 1911
http://ow.ly/9ZmNO


Matisse: Jeannette (V).
Issy-les-Moulineaux, summer 1916
http://ow.ly/9ZmTQ







No comments:

Post a Comment